Guru Tak Boleh Berhenti Belajar

Guru jangan sampai berhenti belajar. Jangan terlalu banyak jadwal ceramahnya, sehingga sedikit mudzakarah dan muthala’ahnya. Antara Adab seorang guru pada ilmu yang diajarkan, Imam An-Nawawi menjelaskan di dalam kitabnya Adabul ‘Alim wal Muta’allim, Maktabah Ash-Shahabah, Thanta Mesir, hal. 31 – 32 antaranya adalah Guru Tak boleh berhenti belajar.

 

Beliau menjelaskan,

 

فصل ومن آدابه في درسه واشتغاله ، فينبغي أن لا يزال مجتهدا في الاشتغال بالعلم قراءة وإقراء ، ومطالعة وتعليقا ، ومباحثة ومذاكرة وتصنيفا ، ولا يستنكف من التعلم ممن هو دونه في سن أو نسب أو شهرة أو دين ، أو في علم آخر ، بل يحرص على الفائدة ممن كانت عنده ، وإن كان دونه في جميع هذا ، ولا يستحي من السؤال عما لم يعلم ، فقد روينا عن عمر وابنه رضي الله عنهما قالا : ” من رق وجهه رق علمه ” . وعن مجاهد لا يتعلم العلم مستح ولا مستكبر . وفي الصحيح عن عائشة رضي الله عنها قالت : ” نعم النساء نساء الأنصار ، لم يمنعهن الحياء أن يتفقهن في الدين ” .

 

  1. Bersungguh-sungguh dalam setiap aktivitas kelimuannya, baik membaca, menelaah, meneliti, mengulang kaji, menulis dan membukukannya.

 

  1. Dalam belajar, seorang guru harus mampu mengambil ilmu dari siapa saja. Perbedaan umur, nasab, popularitas, bahkan perbedaan agama tak menjadi penghalang dari proses belajarnya. Ia harus senantiasa berambisi untuk mengambil faidah ilmu dari siapa saja. Bahkan boleh jadi belajar dari orang yang lebih rendah tingkat keilmuan dari dirinya.

 

  1. Guru sejatinya tidak malu bertanya tentang sesuatu yang tidak diketahuinya.

 

Sebuat riwayat dari Umar dan puteranya radhiyallahu ‘anhuma yang menyatakan, “Barangsiapa malu untuk belajar, maka ilmunya tidak akan bertambah.”

 

Dipertegas pula oleh Mujahid, “Tidak akan mendapat ilmu orang yang pemalu dan orang yang sombong.

 

Ada sebuah riwayat di dalam Shahih Al-Bukhari dari Ibunda Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Sebaik-baik wanita adalah wanita Anshar. Rasa malu tidak menghalangi diri mereka mendalami ilmu agama.”

وقال سعيد بن جبير : ” لا يزال الرجل عالما ما تعلم ، فإذا ترك العلم وظن أنه قد استغنى واكتفى بما عنده فهو أجهل ما يكون ” وينبغي أن لا يمنعه ارتفاع منصبه وشهرته من استفادة ما لا يعرفه ، فقد كان كثيرون من السلف يستفيدون من تلامذتهم ما ليس عندهم ، وقد ثبت في الصحيح رواية جماعة من الصحابة عن التابعين ، وروى جماعات من التابعين عن تابعي التابعين ، وهذا عمرو بن شعيب ليس تابعيا ، وروى عنه أكثر من سبعين من التابعين .

Sa’id bin Jubair berkata, “Seseorang masih dianggap berilmu jika ia terus belajar. Jika ia enggan belajar dan menyangka ia tidak membutuhkannya dan merasa cukup dengan ilmu yang telah dikuasai, sesungguhnya ia telah menjadi lebih bodoh..”

 

Meskipun seorang guru telah memiliki derajat yang tinggi dan terkenal dengan keilmuannya, hendaknya ia tidak berhenti mengambil faidah ilmu yang belum ia kuasai. Banyak ulama salaf yang juga menimba ilmu yang belum mereka ketahui dari murid-muridnya.

 

Di dalam Shahih Al-Bukhari disebutkan ada riwayat-riwayat hadits yang diambil sahabat Nabi dari Tabi’in, adapula riwayat Tabi’in yang diambil dari Tabiut Tabi’in. Contoh Amr bin Syu’aib, beliau bukan generasi Tabi’in melainkan Tabiut Tabi’in. Namun lebih dari 70 orang tabi’in yang meriwayatkan hadits dari beliau.

 

Seberapapun tinggi kedudukan seorang ulama dan guru, ia tak boleh berhenti belajar. Terus mengasah ilmu dengan banyak mudzakarah dan muthalaah.

 

Wallahu a’lam

 

Ust. Ardiansyah Ashri Husein, Lc., M.A

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password